Minggu, 19 Juni 2016

Daftar Lengkap Teknik dan Gaya Menyanyi Lagu Daerah

Daftar Lengkap Teknik dan Gaya Menyanyi Lagu Daerah

Masaiya.com - Setiap suku di indonesia memiliki lagu-lagu daerah masing masing. Lagu ini menggunakan bahasa daerah setempat dan juga lagu daerah biasnaya diiringi dengan seperangkat alat musik daerah yang sering disebut dengan karawitan. Istilah karawitan untuk menunjuk pada seperangkat alat musik tradisional secara lengkap secara orkestra.

Kebanyakan karya seni musik (karawitan) yang dimainkan dengan berbagai ansambel gamelan ataupun reportoar lain biasanya bersifat tradisional dan anonimus. oleh karena itu, usia sebuah komposisi karawitan sangat sulit untuk ditentukan. Seringkali seorang pemain / seniman ahli karawitan menambah atau mengurangi komposisi karawitan yang dimainkan begitu juga beberapa gaya.

Komposisi karawitan dapat mengembangkan perbedaan-perbedaan dari sebuah wilayah dengan wilayah lainnyasepanjang waktu. inilah yang menyebabkan munculnya gaya yang berbeda-beda. Gaya musikal adalah ciri khas atau karakteristik musikal yang dihasilkan dari beberapa kondisi, antara lain :

  1. Gaya Lokal, yakni karakteristik cara menyanyikan lagu daerah yang berbeda dengan daerah lainnya. Pada isu globalisasi kemudian disebut sebagai entitas lokal genius.
  2. Gaya individual, adalah tipologi karakteristik seorang tokoh pencipta lagu-lagu yang membedakannya dengan pencipta lagu lainnya.
  3. Gaya periodikal, adalah tipologi karakterisitikzaman tertentu yang menghasilkan gaya musikal tertentu, misalnya gaya dalam bentuk musikal, adalah tipologi karakteristik yang dapat dibedakan dari berbagai bentuk karya musikal yang ada, misalnya pada musik betawi dalam gambang kromong lagu sayur, dengan lagu phobin atau dalam kroncong tugu antara kroncong asli, langgam, dan stambul. dalam karawitan berawi gaya atau musical style dikenal dengan istilah LIAW
Pada reportoar lagu-lagu daerah sering dibawakan oleh seorang penyanyi. di Jawa disebut dengan sebutan sinden, demikian juga di Sunda dan juga Bali. di daerah Sumatera utara sering disebut dengan perkolong-kolong. di Kalimantan disebut dengan madihin yaitu menyanyikan pantun-pantun dengan diiringi tabuhan gendang. setiap daerah memiliki nama tersendiri bagi seorang peyanyi yang diiringi dengan orkestrasi musik tradisional. 

Cukup sekian artikel kali ini semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan sekaligus bisa menambah wawasan kita bersama, materi di artikel ini saya kutip dari salah satu buku seni budaya. dan Terima kasih

BAGIKAN :

6 komentar

makasih info nya, temen ada PR tentang lagu daerah, izin bookmark dulu

6dewa mengadakan Kontes SEO dengan TOTAL HADIAH Rp. 30.000.000,-

Pendaftaran dimulai pada Tanggal 5 Mei 2016
Pendaftaran berakhir pada Tanggal 5 Agustus 2016
Pemenang akan diumumkan pada Tanggal 20 Agustus 2016
Hadiah akan dibagikan pada Tanggal 21 Agustus 2016

Tunjukkan Kemampuan SEO Anda & Daftarkan WEB Terbaik Anda SEKARANG JUGA.
NO SCAM!!!!

Info Lebih Lanjut, silahkan kunjungi : http://6dewa.org/seo/index.html
Email : seo6dewa@gmail.com
BBM : 2b93c2b2

Peraturan dalam berkomentar !
--------------------------------------------
1. Berkomentarlah yang relevan sesuai topik yang dibahas diatas.
2. Gunakan bahasa yang baik dan sopan.
3. Tidak Meninggalkan Link aktif.
4. Tidak berkomentar mengandung SARA

Bang Tama

Random Post

Memuat...