image1 image2 image3

HAI SAYA MUHAMMAD MUSA FITRIYADI | SELAMAT DATANG DI BLOG PERSONALKU | CUMA TAU NULIS | DAN | NYUSAHIN ORANG LAIN

Kesulitan Kesulitan Saat Mau Menulis

Kesulitan Kesulitan Saat Mau Menulis

MASAIYA.com - Ada beberapa hal yang akan kalian pikirkan saat ingin menulis, baik itu menulis sebuah buku, novel, artikel, karya ilmiah, apapun itu, semua memiliki kesulitan bervariasi walaupun awal kesulitan yang akan kalian temukan sama yaitu Ide, tapi jika tahap mendapatkan ide sudah kalian temukan barulah kalian akan menemukan kesulitan kesulitan yang bervariasi di setiap tulisan kalian.

Seperti saat kalian menulis novel, dan artikel tentulah sangat berbeda kesulitan kesulitan yang akan kalian temukan, saya beri contoh saat kalian menulis sebuah novel kalian akan menemukan kesulitan saat kalian akan mengembangkan karakter yang ada di novel tersebut, sedangkan diartikel kalian tidak perlu melakukan hal yang sama, kalian akan menghadapi masalah yang sangat berbeda.

Diartikel ini saya akan menuliskan beberapa kesulitan-kesulitan yang saya temukan pada saat menulis artikel, kenapa artikel ? kenapa bukan novel, karya ilmiah, buku, pantun, ? karena target utama saya adalah orang yang suka menulis dan orang paling dekat dengan hal ini adalah lingkup sekitar saya sendiri yaitu blogger. Baiklah, tanpa banyak bicara gapenting lagi, inilah kesulitan-kesulitan yang akan kalian dapatkan saat mau menulis :

Kesulitan Kesulitan Saat Mau Menulis

1. Menentukan Target
dari uraian sedikit diatas, saya sudah sedikit menyinggung masalah target, sebelum menulis kalian harus tau siapa target dari tulisan kalian apakah anak anak, orang dewasa, remaja, lansia, atau apa pun itu, dengan begitu kalian akan mudah untuk menentukan gaya bahasa yang kalian gunakan.

2. Gaya Bahasa
Selanjutnya adalah gaya bahasa, di nomor sebelumnya saya sudah bilang kalau kita harus menentukan target, setelah itu tentukan gaya bahasa yang akan kalian gunakan, jika target kalian remaja gunakan bahasa gaul dan sedikti friendly, kalau target kalian dewasa gunakan lah bahasa formal dan baku, begitupula jika target kalian adalah anak-anak gunakanlah bahasa yang lebih mudah mereka pahami jangan kalian gunakan bahasa bahasa orang dewasa yang belum mereka ketahui.

3. Ide
semua yang kita lakukan pasti harus punya ide apalagi dalam kategori "MENULIS", seorang blogger dan penulis novel baik itu pemula maupun yang sudah professional terkadang juga mendapatkan kendala di bagian ini, ada beberapa orang yang bilang untuk mendapatkan ide itu sangat sukar sekali, ada juga yang bilang bahwa untuk mendapatkan ide sangat mudah, kita hanya harus memandang dan melihat lingkungan sekitar kita.

Ada sedikit tips yang saya dapatkan dari beberapa blog teman teman saya yang membahas ide ini, ada yang bilang gini jika kalian tidak bisa menggunakan otak kalian gunakan lah otak orang lain dengan kata lain jika kalian tidak mendapatkan ide dengan berfikir sendiri, kalian bisa mendapatkan hal itu dengan otak orang lain, kalian bisa bertanya ke teman, sahabat, orang tua, dan siapa pun itu. Tanyakan kepada mereka yang kalian butuhkan.

4. Mengembangkan Tulisan
Mungkin ada pembaca blog ini yang ingin membuat novel ? jika ada, kalian akan bertemu dengan yang namanya mengembangkan karakter, begitu juga saat kita menulis artikel, kita harus pandai mengembangkan tulisan kita, tidak lah semua orang bisa melakukan hal ini karena saya pun masih dalam fase pembelajaran. kita harus pandai betul membagi kelompok dan semua tulisan kita harus tertata dan bisa berkembang.

Saya beri contoh mengembangkan tulisan itu sama seperti fase pertumbuhan manusia.

A. Bayi = pada tahap ini kita hanya memberikan hal kecil dan pengertian pengertian kecil sama seperti bayi kita hanya memberikan dia susu.

B. Anak - Anak = ide dasar, sama halnya seperti kita memberikan anak anak pendidikan sekolah dasar.

C. Remaja = Kesulitan atau masalah yang ada, sama halnya seperti anak remaja yang sering berantem dan banyak masalah :D

D. Dewasa = Penyelesaian masalah, dibagian ini sama seperti orang dewasa sikap nya yang lebih tenang dan bijak dalam mengatasi sebuah masalah.

E. Lansia = dibagian ini kalian harus pandai dalam merangkum semua tulisan kalian hingga menjadi menarik atau bisa disebut sebagai kesimpulan, sama seperti orang lansia yang mengenang masa lalu nya.

F. End = penutupan, dibagian ini kalian harus menulis kata kata penutup dan sebagai kata akhir dari artikel yang kalian tulis, sama seperti manusia yang ..............

Sebenarnya fase-fase itu saya simpulkan dengan opini saya sendiri, jika ada yang salah mohon perbaikannya karena saya pun menyadari betul kalau saya masih harus banyak belajar.

5. Membuat Orang Betah
ini adalah masalah yang paling sulit bahkan seorang professional saja terkadang bisa kecolongan dengan hal ini, bagian ini benar benar tidak bisa kita perkirakan karena membaca itu berhubungan dengan mood, bahkan terkadang orang hanya akan langsung membaca point point penting tanpa membaca pengantar.

Masih banyak kesulitan kesulitan yang akan kalian temukan saat menulis tapi ke 5 point diatas tadi adalah hal yang paling penting, dalam menulis kita tidak bisa sembarang menulis semua yang ada di otak kita, jika ada yang bilang menulis itu gampang, itu salah sob, ada beberapa master design template blogger, dan master seo tapi mereka tidak bisa menulis dengan baik, ada beberapa pula newbie yang masih baru didunia blogger tapi cara penulisannya jauh lebih baik.

Sama seperti youtube, membuat video dan diupload tidak lah bisa sekejap mata semua butuh proses dan konsep yang matang, begitu pula blogger, kami menulis seperti ini tidak sembarang menulis, kami harus memikirkan semua yang akan kami tulis, kalau ada yang bilang mudah kok tinggal copas, dan copas, hal itu memang mudah dan memang diperbolehkan dengan syarat menuliskan sumber.

Tapi alangkah baiknya hal itu dihindari, alasannya ? kalian cari tahu sendiri. untuk akhir kata wassalam.

BAGIIN JUGA

CONVERSATION

18 komentar:

  1. benar gan, saya kendala nya di ide sma mikir bagaimana biar orang betah, hadeh heheh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2 hal itu terdengar mudah, tapi sangat sulit untuk direalisasikan :-bd

      Hapus
  2. bener banget gan kadang udah mau nulis jadi idenya hilang hahaha

    BalasHapus
  3. nah ane baru nyampe menentukan target bisa
    gaya bahasa punya
    ide ada cuman yang ane kurang paham mengembangkan tulisan sama bikin betah sob

    BalasHapus
  4. mantap gan kalo menurut saya kendala nya mood atau faktor malas menurut saya ide ada tp kalo lg tidak mood ya jadi kendala makasih infonya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener juga sih gan, mood emang sangat berpengaruh.

      Hapus
  5. ide paling rada susah dicari gan klo lagi buntu pasti engga keluar ide yang mau di tulis

    BalasHapus
  6. memang bener pas nulis artikel paling males itu pas nentuin ide, tapi kalau sudah dapet ide biasanya enak tuh tinggal nulis aja artikelnya :)

    BalasHapus